Ada kalanya saya bertemu konsumen yang menganggap harga Oriflame terlalu mahal.
Apa iya? Saya kira tak begitu lho. Jika dibandingkan dengan kebaikan-kebaikannya yang membuat kulit kita sehat dan cantik, harga yang dibandrol justeru sangat terjangkau.
Buat apa kita membeli pembersih wajah seharga Rp 17.500 dan cukup untuk pemakaian tiga bulan ke depan jika hasilnya justeru merusakkan kulit wajah, mengurangi kelembaban kulit, menghilangkan elastisitasnya bahkan sering menyebabkan iritasi? Dan ke mana harus komplain ketika malapetaka itu terjadi? Bukankah sebagai konsumen posisi kita sangat lemah di sini? Kita tak tahu siapa produsen kosmetik seharga Rp 17.500 itu? Bahkan kita tak pernah diberitahu siapa manajernya, direkturnya, atau bahkan konsultannya. Bukankah satu-satunya jalan hanya dengan mengeranjang-sampahkan produk itu dan membeli segera produk lain atau mungkin sejenis obat untuk menetralisir iritasi tersebut? Hmmm, gawat 'kan?